Kamis, 15 Januari 2009

Jadilah blogger yang sejati

Blogger sejati adalah:

1. Konsisten dalam nge-blog, bukan kumat-kumatan (hari ini nge-blog lalu istirahat selama 5 tahun)

2. Punya jati diri blog. Jangan mentang-metang blog si Anu bagus sekali, maka saya juga pengen punya blog seperti punya dia. Gak pede amat! Buatlah blog yang sesuai dengan keinginan dan selera pribadi masing-masing. Ngapain meniru orang lain????

3. Bukan nyampah. Maksudnya, blog anda bersifat komunikatif sehingga menarik dan mudah dimengerti oleh orang lain. Memang blog saya adalah milik saya pribadi. Tapi kalau saya menulis sesuka hati tanpa peduli pada orang lain, padahal banyak orang yang membaca blog saya, ya wassalam sajalah!

4. Selain menarik, sebisa mungkin usahakanlah membuat isi blog yang bermanfaat. Minimal bagi diri sendiri. Kalau bisa bermanfaat bagi orang banyak, tentu lebih oke lagi.

5. Copy Paste?
Blog anda isinya copy paste melulu? cuma menyalin anekdot lucu dari milis tetangga, atau berita menarik dari situs berita terpopuler? Please deh. Sejelek apapun tulisan anda, itu jauh lebih bagus daripada copy paste. Memang, dalam hal-hal tertentu.. copy paste juga diperlukan. Saya juga pernah copy paste, kok. Tapi ini kondisional banget. Dan jangan jadi kebiasaan yach :)

Kalo misalnya anda menemukan tulisan yang sangat bagus dan dirasa perlu dibagi-bagikan bagi teman-teman sesama blogger, ya mending di-link aja...

Mungkin masih banyak lagi tapi ini merupakan bagian dari ciri seorang blogger sejati.

2 komentar:

kotajepara mengatakan...

tetap ssemangat dengan menunjukkan jati diri seorang blogger...

sandy mengatakan...

setuju ma tulisannya yang diatas..

Posting Komentar